Get me outta here!

Thursday, September 19, 2019

Jalan-Jalan Hemat di Surabaya


Jelang akhir tahun seperti saat ini, menjadi momen yang pas buat liburan. Gimana kalau kita terbang ke Surabaya aja yang punya banyak spot menarik buat dikunjungi? Apalagi saat ini tiket pesawat Banjarmasin Surabaya sudah cenderung normal, hehe. 

Jangan takut dengan stigma bahwa Surabaya adalah kota mahal. Meskipun termasuk sebagai kota besar dan metropolitan dengan banyaknya ekspatriat dan pendatang, namun masih bisa kok liburan hemat yang tetap menyenangkan di Kota Pahlawan ini. Tapi sebelumnya cek tanggal yang sesuai dengan masa liburmu, baru deh siap buat jalan-jalan. 

Surabaya tak hanya sekadar sarat akan peninggalan dan cerita sejarah perjuangan mempertahankan Merah Putih dari tangan penjajah. Kota yang dipimpin oleh Ibu Tri Rismaharini ini bertumbuh menjadi kota dengan destinasi wisata yang keren banget untuk kamu kunjungi. 

Kali ini kita jalan-jalannya beda kok. Selain itu juga hemat budget namun tetap menyenangkan dan menyegarkan pikiran kamu yang sudah lelah dengan aktivitas dan pekerjaan yang dijalani beberapa waktu terakhir. Eits, bukan tempat yang mainstream seperti Tunjungan Plaza atau jejeran kedai kopi terkenal, beberapa tempat di bawah bisa kamu nikmati dengan budget minim.

  • Jajan sampai kenyang di Pasar Atom Suka kulineran kan? Gak lengkap rasanya jika liburan tanpa makan-makan. Nah, kita ke Pasar Atom aja, yuk! Masuknya dari parkiran belakang, kamu bakal nemuin warung yang jual Lontong Mie Sambal Petis yang luar biasa nikmat dengan harga per porsinya amat terjangkau, 15 ribu Rupiah. Sambil jalan kaki nurunin isi perut, boleh deh tuh keliling Pasar Atom yang juga jadi satu dengan mall-nya yang menjual barang-barang fashion dan perhiasan. 
  • Di sudut ada yang jual Bubur Madura, duh ngiler kan? Boleh deh satu porsi. Jalan lagi keliling pasar, eh di sudut lain juga ada yang jual Rujak Cingur yang enak, plus juga jajanan-jajanan pasar yang menggoda. Dijamin deh, seharian keliling di Pasar Atom gak bakal bikin kurus, malah kekenyangan. Belum lagi pulangnya bawa cemilan yang dijual kiloan untuk ngisi toples di rumah, atau mampir di Nasi Cumi yang legendaris itu. Mantap jiwa!
  • Belanja baju bekas di Pasar Pagi Pahlawan Terletak di sekitar Tugu Pahlawan, Pasar Pagi yang buka sejak subuh hingga sekitar pukul 10.00 WIB ini jadi surganya belanja. Jika Bandung dikenal dengan factory outlet dan distro, maka Surabaya juga punya surga belanja barang bekas yang tak kalah kualitasnya dengan barang baru. Gak jarang loh, banyak yang dapat barang bermerek dengan harga yang amat miring dan kualitasnya masih oke punya. Bawa bekal uang 100 ribu Rupiah, kamu bisa bawa pulang 4-5 potong baju. Bisa juga milih jaket, celana, tas, kacamata, jam tangan, dan lain-lain. 
  • Keliling kota dengan bus wisata Surabaya Shopping and Culinary Track (SSCT) Bus berwarna jingga dengan ornamen khas ini siap membawa kamu keliling Kota Surabaya. Rutenya ada dua, yang biasanya diterapkan per hari tertentu. Misalnya nih, untuk bus yang berangkat di hari Selasa, Kamis dan Sabtu, rutenya yang dimulai di halaman Balai Pemuda Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya ini akan keliling ke Museum Surabaya di Gedung Siola – Monumen Kapal Selam – Pantai Kenjeran Lama – Sentra Oleh-Oleh di Pasar Bulak – dan balik lagi ke titik keberangkatan.
Bayarnya hanya 7.500 Rupiah dan kamu bisa berkeliling dari jam 09.00 pagi hingga 14.00 siang WIB. Kapan lagi keliling kota murah meriah dan dipandu oleh tour guide yang interaktif? Di titik pemberhentian, kita juga akan mampir kok. Keren lah ini pokoknya, benar-benar wisata idaman.

Jadi, siapa bilang jalan-jalan di Surabaya mahal? 

Thursday, September 12, 2019

Mengenal Lebih Dekat Bidang Pengobatan yang Dilakukan Oleh Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi


Keberadaan dokter di dalam kehidupan masyarakat memang sangatlah penting, apalagi bukan sebuah rahasia lagi jika sekarang ini ada kian banyak jenis penyakit yang rentan dalam menyerang manusia. Sehingga harus ada yang bertanggungjawab di dalam menyembuhkannya. Karena jenis masalah atau gangguan yang dialami terbilang beragam, sehingga tidak dapat dipungkiri jika seandainya bidang atau ilmu medis yang dipelajari agaknya juga sangatlah beragam. Mulai diantaranya khusus organ dalam, syaraf dan juga ada spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi. Mungkin banyak yang sudah mengenal baik bidang kedokteran yang satu ini.

Karena sering kali di rumah sakit besar pasti ada bagian tersebut untuk menangani mereka yang memiliki masalah berhubungan dengan kondisi fisik, dimana beberapa bagian tubuhnya mengalami kemunduran atau tidak dapat difungsikan seperti sedia kala, sehingga membutuhkan rehabilitasi khusus sehingga bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kondisi-kondisi semacam ini bisa dialami oleh siapa saja, seperti diantaranya adalah yang pernah mengalami kecelakaan, kemudian juga memiliki berat badan berlebih, terjadi perubahan dalam fase hidupnya dan sebagainya.

Spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi ini nantinya juga akan diambil oleh dokter khusus, dimana sebelumnya mereka juga sudah menjalani pendidikan spesialis ini, sehingga bisa untuk menangani kondisi-kondisi tersebut. Jika berbicara mengenai rehabilitasi medis yang ada, maka bentuk-bentuk yang dilakukan atau diberikan kepada pasien juga sangatlah beragam, diantaranya adalah:

  1. Terapi okupasi, ini adalah jenis terapi yang dilakukan oleh dokter rehabilitasi dengan tujuan adalah untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan fisik atau mental pasien yang bermasalah. Dengan adanya bentuk terapi yang satu ini, maka nantinya pasien juga bisa menjadi jauh lebih mandiri dalam menjalani berbagai macam rutinitas atau aktivitas sehari-harinya. Dalam melakukan terapi yang satu ini maka dokter akan memperhatikan atau memberikan berbagai macam penilaian penting kepada pasien tersebut terlebih dahulu. Pelatihan yang diberikan juga akan berbeda, harus menyesuaikan dengan kebutuhan dari pasien dan biasanya memakan waktu yang cukup lama untuk bisa benar-benar pulih.
  2. Fisioterapi, istilah yang mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan. Biasanya bagian yang satu ini memiliki peran penting di dalam menangani keterbatasan anggota gerak dari pasien tersebut. Seperti mereka yang lumpuh karena terkena stroke, maka bisa menjalani pengobatan atau terapi pada bagian ini sehingga nantinya bisa meningkatkan kemampuannya di dalam bergerak, berdiri, berjalan dan juga sebagainya. Pengobatan yang dilakukan juga berlangsung secara bertahap atau tidak bisa secara langsung, jadi membutuhkan waktu yang agak lama.
  3. Terapi bicara, dokter di bagian ini biasanya akan mengatasi gangguan atau kesulitan bicara yang sering kali dialami oleh pasiennya, misalnya adalah kesulitan di dalam merangkai kata. Contohnya yang terjadi pada mereka yang menderita apraksia dan juga disartria, gangguan bicara semacam ini bisa diatasi dengan terapi secara terus-menerus.
  4. Rehabilitasi sosial, jangan salah karena ternyata rehabilitasi tidak hanya untuk fisik saja, melainkan juga lingkungan sosial. Mereka berusaha untuk membantu pasien yang mengalami masalah pada perubahan sosial yang terjadi. Sehingga nantinya bisa kembali membaur atau bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat, setelah sebelumnya menarik diri dari lingkungan sosial. 
Bidang spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi ini ada di setiap rumah sakit, namun umumnya rumah sakit besar, sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah yang Anda alami, jangan sampai salah berobat.

Monday, September 9, 2019

Begini Fungsi Alat Bantu Pendengaran Yang Perlu Diketahui


Seiring bertambahnya usia, panca indra pada manusia semakin berkurang kepekaannya. Terutama indra pendengaran yang menjadi masalah utama yang banyak dirasakan oleh mereka yang sudah lanjut usia. Adanya alat bantu pendengaran membantu para lansia untuk tetap bisa mendengarkan suara dengan jelas meskipun indra pendengarannya bermasalah. Alat ini dapat Anda temukan dengan mudah di pusat alat dengar. Harga alat bantu dengar ini juga bervariasi bergantung dengan tipe dan jenisnya. Semakin tinggi tingkat kerusakan pada indra pendengar Anda, akan lebih mahal juga harga alat bantu tersebut.

Selain karena usia, berkurangnya kemampuan mendengar seseorang juga di sebabkan oleh rusaknya atau kelainan pada organ pendengaran. Cara kerja telinga manusia dimulai pada bunyi yang masuk ke lubang telinga manusia. Bunyi tersebut mengakibatkan gendang telinga bergetar yang kemudian menyalurkan bunyi ke rumah siput melalui osikula. Karena getaran bunyi tersebut, cairan yang berada di rumah siput turut bergetar dan menyebabkan sel rambut melengkung. 

Ada dua ujung sel rambut yang terdapat di dalam telinga. Satu sel rambut yang berada di ujung rumah siput mengirimkan bunyi yang bernada rendah sedangkan ujung lainnya mengirimkan bunyi yang bernada tinggi. Proses akhirnya ada pada saraf  auditori yang mengirikan sinyal ke otak sehingga terdeteksi makna yang didapatkan dari bunyi tersebut.

Umumnya sama dengan cara kerja telinga, alat bantu dengar ini juga memiliki proses hingga bunyi dapat dideteksi oleh otak. Alat bantu dengar tersebut memiliki mikrofon yang nantinya akan menangkap suara dan memprosesnya menjadi sinyal digitak. Fitur alat bantu tersebut yaitu Digital Sound Processor (DSP) yang akan berperan untuk memodifikasi sinyal agar dapat sesuai dengan gangguan pendengaran yang terjadi pada Anda. 

Penjelasan lebih mudahnya, alat bantu dengar ini dibagi menjadi 4 tahapan. Pertama memulihkan pendengaran sehingga Anda dapat mendengar suara. Kedua menahan kebisingan sehingga gangguan pendengaran Anda sedikit berkurang. Ketiga menghilangkan dengung yang membuat Anda tidak mendengar adanya kerusakan pada suara yang Anda tangkap. Dan terakhir,  kenyamanan pendengaran Anda. Dengan alat bantu dengar tersebut, Anda akan lebih nyaman berkomunikasi dan mendengarkan suara.

Tuesday, August 27, 2019

Menelaah Gejala Neuropati


Pernahkah anda merasakan atau sering mengalami sebuah gangguan kesehatan yang bernama neuropati? Mungkin anda sering mendengarnya. Meskipun pada dasarnya neuropati merupakan sebuah penyakit yang sering dialami oleh seseorang. Neuropati yang merupakan sebuah gangguan kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Salah satunya adalah dikenali gejalanya seperti tangan kebas. Gejala seperti ini tergolong sering terjadi pada banyak orang. Akan tetapi untuk beberapa kasus tertentu kebas pada tangan bisa menyerang karena adanya penyakit yang serius. Oleh karenanya apabila anda merasakan gejala kebas pada tangan memang sebaiknya selalu waspada. Minimal harus segera melakukan pengobatn apabila serig mengalami gejala tersebut.

Neuropati bisa dikenali dengan gejala seperti berikut ini:

  • Berdasarkan jenisnya, neuropati terbagi dalam beberapa kelompok. Kelompok pertama adalah neuropati perifer. Neuropati perifer sendiri adalah gangguan pada syaraf pada bagian syaraf anggota gerak. Gangguan pada syaraf anggota gerak seperti pada tangan dan kaki sering dialami oleh banyak orang. Gejala yang paling umum dirasakan oleh orang yang mengalami gangguan kesehatan neuropati perifer ini adalah sering kram pada otot-otot anggota gerak. Anggota gerak yang dimaksud diantaranya adalah lengan, siku, tukai, kaki dan beberapa anggota gerak lainnya. Termasuk untuk jari-jari baik itu jari tangan maupun jari kaki. Bagi yang mengalami neuropati perifer akan mengalami kesulitan bergerak. Sehingga membuat anggota tubuh tertentu menjadi sedikit lumpuh dan tidak bisa bergerak dalam waktu tertentu.

  • Neuropati perifer sendiri akan memberikan dampak yakni kesulitan untuk berjalan. Hal ini disebabkan oleh syaraf pergerakan kaki maupun tangan mengalami kesulitan dalam menentukan gerak. Penekanan pada syaraf terjadi pada bagian syaraf kaki dan tangan. Apabila sudah terjadi dalam jangka waktu lama, maka dampaknya adalah otot-otot untuk anggota gerak menjadi sedikit mengalami gangguan. Salah satunya adalah otot menjadi mengecil. Mengecilnya otot anggota gerak baik itu tangan maupun kaki terjadi karena anggota tubuh bagian pergerakan mengalami kesulitan karena syarafna yang mengalami penekanan tertentu.

  • Neuropati juga sering membuat penderitanya mengalami kesemutan. Gejala kesemutan ini merupakan gejala umum yang muncul  akibat syaraf gerak mengalami gangguan. Kesemutan bagi hampir semua orang pernah mengalaminya. Kesemutan merupakan sebuah gangguan umum yang sering terabaikan begitu saja. Padahal apabila dicermati dengan seksama,  justru tanda kesemutan merupakan tanda bahaya yang diberitahukan dari tubuh agar penderita waspada. Seringkali kesemutan yang terjadi dalam waktu yang relatif singkat. akan tetapi orang dengan gangguan neuropati akan lebih sering mengalami kesemutan dan durasi kesemutannya relatif lebih lama dari yang biasanya. Sehingga jika itu terjadi memang pengobatan menjadi satu-satunya jalan untuk menyelesaikannya.

  • Gejala yang paling umum dari neuropati yang sudah sangat parah diantaranya adalah kondisi pasien yang sudah mulai berkurang sensitifitas terhadap rasa sakit. Sensitifitas terhadap rasa sakit diperoleh dari tampilan neuropati yang menyerang syaraf tubuh. Terutama pada bagian anggota gerak tubuh. Syaraf pada bagian pengenalan rasa sakit ini disebabkan oleh kerja syaraf. Sehingga apabila sudah tidak ada lagi sensitifitas terhadap rasa sakit maka tanda inilah yang diwaspadai sebagai sebuah gejala neuropati. Syaraf mengalami gangguan fungsi sehingga tubuh tidak dapat mengenali rasa sakit. Karena neuropati yang cukup serius. Bahkan ada juga sebaliknya. Apabila diberikan rangsangan yang sama sekali tidak harus menimbulkan rasa sakit malah justu merasakan sakit.

Pengenalan gejala kebas merupakan yang paling penting dan yang paling utama untuk dilakukan. Sebab jika neuropati tidak segera diketahui dan dilakukan penanganan, maka akan memberikan dampak seperti kelumpuhan yang cukup parah. Kelumpuhan yang disebabkan oleh gangguan sistem syaraf motorik ini menjadi salah satu pertanda yang paling umum dari neuropati. Sehingga cara penanganannya adalah berobat ke dokter. Tujuannya adalah agar dokter bisa menangani dengan serius penyakit yang di derita sehingga menyebabkan kelumpuhan pada sebagian anggota tubuh. Penanganan yang lebih tepat tentu saja membuat neuropati bisa semakin parah. Oleh karenanya, setiap gejala yang muncul pada permukaan tubuh wajib diketahui agar mengetahui penyebab terjadinya penyakit tersebut.

Monday, August 19, 2019

Keuntungan Asuransi Jaminan Hari Tua


Dalam hidup, tidak mungkin Anda dapat selamanya bekerja. Ada saatnya di mana pikiran dan tenaga Anda tidak sama seperti dulu. Pada saat itulah pertanda masa pensiun sudah akan segera tiba. Perlu Anda ketahui, keuangan yang Anda miliki tentu berbeda pada saat bekerja dan saat telah pensiun. Hal itu membuat Anda perlu persiapan dalam menghadapi masa pensiun atau masa tua Anda kelak.

Dalam mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memiliki asuransi hari tua. Cukup dengan menyisihkan gaji Anda setiap bulan, Anda dapat menikmati masa tua yang lebih baik dan tenang. Berikut ini merupakan berbagai macam keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki asuransi untuk hari tua Anda.

Keuntungan Memiliki Asuransi Jaminan Hari Tua

1. Masa Tua Bahagia dan Tanpa Beban
Di saat Anda sudah tua kelak tentu pemasukan yang Anda peroleh tidak sebanyak waktu masih bekerja. Bahkan, tidak sedikit orang yang mengeluhkan tidak memiliki uang pada hari tuanya. Tentu hal tersebut tidak akan Anda alami jika telah memiliki asuransi jaminan hari tua. Meskipun Anda sudah tidak bekerja lagi, Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup dari biaya asuransi yang telah Anda bayarkan dulu.

2. Mendapatkan Santunan Sampai Meninggal Dunia
Memiliki asuransi hari tua, Anda dapat memperoleh santunan dari mulai Anda pensiun sampai dengan meninggal dunia. Besaran santunan yang Anda peroleh tergantung dari apa yang Anda dan pihak jasa asuransi telah sepakati sebelumnya. Selain itu, besar biaya premi yang Anda miliki juga menentukan banyaknya jumlah santunan yang akan Anda terima.

3. Melindungi dari Berbagai Risiko 
Hidup di usia tua tentu memiliki berbagai macam risiko yang mengancam seperti sakit, cacat, sampai dengan meninggal dunia. Tentu mau tidak mau Anda harus siap untuk menghadapi itu semua. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan asuransi jaminan hari tua, Anda dapat meringankan beban biaya ketika mengalami berbagai macam risiko tersebut di masa tua kelak.