Get me outta here!

Monday, February 11, 2019

Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Mungkin Cara Ini Bisa Di Coba


Di era globalisasi saat ini rasanya mempelajari bahasa Inggris merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang. Selain menjadi bahasa internasional, bahasa ini juga dibutuhkan di dunia kerja. Pasalnya sebagian perusahaan besar saat ini memang membutuhkan karyawan yang fasih berbahasa Inggris.

Namun, bukan hanya perusahaan yang berasal dari luar saja, sebagian besar perusahaan lokal yang sudah berskala besar juga menerapkan sistem yang sama. Tentunya mempelajari bahasa inggris sudah menjadi pekerjaan rumah untuk anak muda ataupun pekerja professional.

Jika ternyata selama ini kamu belum menguasai bahasa yang satu ini, maka tidak ada salahnya untuk segera belajar mulai sekarang. Kamu bisa memperdalam bahasa Inggris dengan mudah dengan mengikuti kursus.

Memang, mengikuti kursus bahasa Inggris mungkin jadi alternatif terbaik supaya bisa berkomunikasi dengan baik. Namun dibutuhkan biaya yang kadang tidak sedikit, sehingga membuat orang terkadang jadi enggan untuk belajar.

Jalan lain agar kamu bisa mahir berbahasa Inggris tanpa mengikuti kursus yaitu dengan belajar otodidak. Selain tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak, kamu pun bisa mengatur jadwal belajar sesuka hatimu.

Ini beberapa cara cepat belajar bahasa inggris otodidak yang bisa kamu lakukan supaya mahir berbahasa Inggris :

1. Tetapkan tujuan
Sebelum mencari tahu bagaimana cara belajar bahasa inggris otodidak. Kamu harus lebih mengenali dirimu sendiri, cari tahu alasan mengapa kamu perlu meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Memiliki tujuan yang jelas membantu kamu tetap fokus dan konsisten selama proses belajar.

Yang harus diingat untuk cara cepat belajar bahasa inggris otodidak adalah menetapkan tujuan. Pastikan itu cukup signifikan untuk memacu semangatmu, misalnya seperti dalam 5 bulan belajar kamu ingin mendapatkan skor 500 dalam ujian TOEFL.

Menentukan tujuan bisa menjadi sebuah motivasi jika kamu mulai merasa kehilangan minat untuk belajar bahasa Inggris. Kamu juga harus mengenali dirimu, bagaimana system belajarmu. Menciptakan suasana yang nyaman saat kamu belajar juga bisa membuat kamu lebih fokus dalam belajar.

2. Atur Jadwal Belajar
Meskipun kamu sedang melakukan belajar bahasa inggris otodidak dan bukan di sebuah tempat kursus dengan waktu dan jam yang ditentukan. Namun, kamu tetap harus disiplin dalam mengatur jadwalmu.

Berlatih setiap hari adalah kunci kemahiran bahasa Inggris kamu lebih lancar. Bahkan jika kamu hanya menghabiskan 20 menit untuk belajar, alih-alih satu jam, itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

3. Dengarkan. Berbicara. Membaca. Menulis. Ulangi.
Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak dengan kemajuan teknologi saat ini bisa kamu lakukan dimana saja, kapan saja. Bahasa Inggris ada di mana-mana. Ada di video online, saluran berita, di radio. Jadi mulailah mencari untuk memperbanyak kosakata bahasa Inggrismu.

Kamu bisa lakukan dengan mulai sering mendengarkan percakapan bahasa Inggris di podcast dan mendiskusikannya dengan temanmu.

Atau kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan menonton film dengan teks terjemahan yang melatih mendengarkan dan membaca pada saat yang bersamaan. Sesekali cobalah untuk menonaktifkan teks terjemahan.

Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak juga bisa dari mendengarkan lagu barat, kamu bisa menulis ulang lirik lagu apa yang kamu dengar. Setelah itu cobalah untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan cermin untuk teman terbaik berlatih berbicara.

4. Jangan takut salah
Setelah kamu melakukan ketiga hal di atas, saatnya kamu mempraktikkan itu semua. Mulailah berbicara dengan teman menggunakan bahasa Inggris. Atau kamu bisa berteman dengan warga negara asing dan mulai mengobrol dengan mereka.

Tetap tenang dan jangan khawatir tentang tata bahasa. Ingat, bahkan mereka yang berbicara bahasa Inggris dengan lancar pun pasti pernah membuat kesalahan tata bahasa. Jangan takut melakukan kesalahan. Kamu sedang masa pembelajaran maka wajar saja jika kamu melakukan kesalahan.

Jangan khawatir terlihat bodoh ketika kamu berkomunikasi dengan orang asing atau teman dengan tingkat kefasihan yang lebih tinggi. Jangan terlalu sedih ketika kamu dikoreksi.

Ingatlah bahwa kamu tidak akan pernah meningkatkan keterampilan bahasa kamu jika kamu terlalu takut membuat kesalahan. Tetap percaya diri dan terus berusaha.

5. Pantang Menyerah
Tidak ada jalan pintas dalam hidup. Begitu juga dengan belajar bahasa Inggris. Tidak ada jalan pintas untuk belajar bahasa Inggris. Maka jangan pernah menyerah untuk terus belajar bahasa Inggris. Jadi, kenapa tidak mulai hari ini?

0 comments:

Post a Comment