Get me outta here!

Friday, February 8, 2019

Cegah Munculnya Alergi Debu di Rumah Dengan Cara Ini


Kadang kala tanpa ada penyebab tertentu, bisa saja kamu tiba-tiba merasa hidung gatal serta terbatuk dan bersin tanpa penyebab yang jelas. Hal ini sendiri bisa terjadi lantaran alergi debu yang kamu miliki.

Kondisi kebersihan yang terjadi di rumah sangat mungkin menjadi penyebab alergi yang dialami ini. berikut cara praktis untuk mencegah munculnya debu di rumah.

1. Bersihkan AC
Bersihkan AC atau celah-celah kipas angin kamu secara teratur. Dua hal ini merupakan penyebar debu yang paling umum muncul di rumah, sehingga perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah munculnya alergi debu pada seseorang.

2. Bersihkan karpet
Karpet adalah magnet untuk debu. Debu selalu berkumpul di permukaan dan di bawah karpet. Untuk menghindari penyebaran alergi debu melalui karpet, bersihkan karpet setiap hari.

3. Pastikan kamar tidur tidak lembap
Pastikan kamar tidur kamu tidak berada di ruang bawah tanah atau di tempat yang lembap. Ruangan yang tidak lembap dan memiliki ventilasi yang baik membuat sinar matahari bisa masuk. Sinar matahari bisa membunuh kuman dan bakteri. Jadi, pastikan kamar kamu memiliki ventilasi udara yang baik.

4. Hindari mainan berbulu
Tungau dan partikel debu suka menempel pada mainan jenis berbulu ini. Kamu bisa membersihkan mainan jenis ini setiap hari jika memilikinya atau pilih untuk benar-benar menghilangkannya.

5. Rajin mencuci tirai
Jika kamu rentan terhadap alergi debu, kamu harus rajin mencuci tirai. Pastikan kamu mencuci gorden dengan air hangat sekali dalam seminggu untuk menjaga lingkungan tetap segar.

6. Ganti seprai dan selimut bantal
Orang yang alergi terhadap debu harus selalu membersihkan kasur secara teratur. Ganti sprei setidaknya sekali setiap minggu. Biasakan untuk menjemur kasur dan bantal di bawah sinar matahari untuk membunuh bakteri dan menghilangkan partikel debu.

Munculnya alergi debu ini bisa membuat kamu kerap batuk dan pilek di rumah. Sejumlah cara praktis ini bisa kamu lakukan agar terhindar dari masalah alergi debu ini.

0 comments:

Post a Comment