Get me outta here!

Wednesday, February 13, 2019

Nokia 9 PureView Dengan 5 Kamera nya


Ketika tiga kamera sudah mulai mainstream, Nokia hadir dengan kamera yang justru lebih banyak. Vendor smartphone yang kini dibesut oleh HMD Global ini merilis smartphone dengan 5 kamera!

Smartphone ini diberi nama Nokia 9 PureView dan telah diperkenalkan di MWC 2019. Mari kita ulas deretan fitur, spesifikasi, dan desain menariknya.

Nokia 9 PureView mempertahankan bahasa desain yang serupa dengan smartphone Nokia beberapa tahun ke belakang. Tidak ada poni, tidak ada lubang layar, hanya bezel tipis di samping dan sedikit lebar di bagian dagu dan bezel atas. Selain itu juga terdapat sentuhan lengkung di bagian menuju samping layar untuk genggaman yang lebih mantap.

Layarnya mengusung 5,99 inci dengan aspek rasio 18:9 dan rasio QHD+ dengan panel OLED.
Di dalam layarnya terdapat pemindai sidik jari dalam layar dan membuat bodi belakangnya bersih dan mulus dengan hanya hiasan 5 kamera membentuk konfigurasi bulat.

Ukuran bentang layar yang besar ini sebenarnya tak membuat Nokia 9 jadi perangkat yang besar, karena dimensinya tak lebih besar dari Samsung S10, iPhone XR, atau OnePlus 6T.

Nokia 9 PureView dimotori oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 845 yang merupakan prosesor tahun lalu.

Salah satu alasan untuk menyematkan prosesor tahun lalu adalah teknologi 5 kamera ini dikembangkan bersama Qualcomm sejak tahun lalu, sehingga prosesor dengan algoritma yang sejalan adalah SD845, alih-alih keluaran baru Snapdragon 855 yang mungkin tak sama.
Prosesor ini dipadu dengan RAM 6GB dan juga storage 128GB.

Soal 5 kamera yang diusungnya, Nokia 9 PureView menyematkan kamera dengan optik besutan ZEISS. Konfigurasi kamera ini adalah 3 sensor kamera RGB atau berwarna, sementara 2 sisanya monokrom.

Ketika mengambil sebuah gambar, semua sensor bekerja bersamaan untuk mendapatkan pencahayaan, detil, data warna, dan menjahitnya satu persatu menjadi sebuah gambar akhir.

Menurut klaim HMD, sebuah foto adalah hasil penjahitan dan data dari 60MP data foto yang diproses. Hal ini dibantu oleh adanya sebuah prosesor tambahan yang dapat memproses data foto yang berat.

Dengan ini, semua foto merupakan HDR dengan dynamic range sebanyak 12,4 stop dan hasil akhir sebuah foto beresolusi 12MP.

Selain itu semua, Anda juga bisa mengedit efek bokeh serta bisa mengambil gambar RAW.

Seperti yang sudah jadi tradisi Nokia, Nokia 9 PureView mengusung Android murni dan HMD memang bekerja sama dengan Google untuk memproduksi Nokia 9 di bawah payung Android ONE.

Dengan ini, Nokia 9 PureView memiliki deretan keunggulan Android 9 Pie seperti kontrol gestur, fitur Digital Wellbeing, dan juga fitur Adaptive Battery.

Nokia 9 PureView dibanderol dengan harga 699 USD, setara dengan 9,8 juta Rupiah. Tertarik bawa pulang?

0 comments:

Post a Comment