Get me outta here!

Sunday, May 19, 2019

Berbagai Font Keren untuk Kartu Ucapan


Pemilihan font dalam proses penulisan mungkin terlihat sepele, tetapi bagi orang yang bergelut di dunia design grafis ada seni tersendiri yang terkandung dalam sebuah font. Menggunakan font keren saja tidak cukup, karena setiap font memiliki fungsi dan makna tersendiri. Berikut penjelasan singkat tentang cara memilih font untuk kartu ucapan.

Tipografi

Tipografi merupakan suatu ilmu dalam menentukan dan menata penggunaan huruf serta penyebarannya pada ruang yang tersedia guna menciptakan suatu seni yang memberikan kesan tertentu. Selain untuk mendapatkan kenyamanan membaca, makna yang terkandung dalam font juga member kesan tersendiri.

Typographi atau tipografi menurut Roy Brewer (1971) dalam artian luas merupakan ilmu yang meliputi penataan dan pola halaman atau setiap barang cetak. Dalam pengertian sempit hanya meliputi penataan, pemilihan dan berbagai hal yang berkaitan dengan pengaturan baris-baris susuanan huruf, tidak termasuk hal lain yang tidak berkaitan dengan huruf dan ilustrasi.

Peran tipografi dalam design grafis adalah untuk mengkomunikasi kan ide atau informasi dari halaman kepengamat atau pembaca. Kehidupan sehari-hari secara tidak sadar selalu berkaitan dengan tipografi, seperti Koran atau majalah yang kita baca, label pakaian, kartu ucapan, papan iklan dan lain sebagainya.

Perkembangan tipografi sendiri sudah mengalami perkembangan pesat, mulai dari fase penciptaan dengan tangan (hand drawn) hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi mempermudah penggunaan tipografi dan menghemat waktu dengan pilihan font keren yang beragam. James Craig mengklasifikasikan font menjadi beberapa jenis, antar lain:

1. Roman
Ciri utama dari font ini adalah memiliki sirip/kaki/serif yang melancip pada ujungnya. Ciri lainnya adalah memiliki ketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Kesan yang dimunculkan dalam font roman adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin.

2. Egyptian
Merupakan jenis huruf yang memiliki serif/sirip/kaki yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hamper sama. Hal ini menimbulkan kesan kokoh, kuat dan stabil pada font Egyptian.

3. Sans Serif
Ciri utama dari font jenis san serif adalah tanpa sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama tau hamper sama. Kesan yang dimunculkan oleh jenis font ini adalah modern, kontemporer dan efisien.

4. Script
Jenis font ini memiliki ciri yang sangat tampak dibandingkan dengan font jenis lain. Bentuk yang menyerupai tulisan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam yang biasanya miring kekanan merupakan bentuk khas dari jenis font ini. kesan yang ditimbulkan oleh font jenis ini adalah keintiman, kedekatan pribadi dan akrab.

5. Miscellaneous
Klasifikasi font jenis ini bukan berdasarkan cirri khusus dari bentuknya tetapi berdasarkan cara pembuatannya. Font yang dikategorikan Miscellaneous adalah font yang merupakan pengembangan dari bentuk font yang sudah ada. Umumnya perubahannya berupa penambahan hiasan dan ornament atau garis-garis dekoratif. Kesan font ini adalah dekoratif dan ornamental.

Pemilihan Font

Penjelasan tentang klasifikasi font dan kesan yang ditimbulkannya dapat menjadi salah satu factor untuk menentukan font yang dapatAnda gunakan untuk menulis kartu ucapan. Pemilihan font yang tepat, selain memberikan kesan seni yang indah juga dapa membuat pesan yang akan Anda sampaikan menjadi lebih berkesan.

Seni tipografi juga memiliki syarat mutlak yang harus Anda ketahui agar pesan Anda tersampaikan dengan baik. Memastikan font yang Anda gunakan bisa dibaca dengan jelas serta posisi text merupakan hal pertama yang harus Anda perhatikan. Apa gunanya menggunakan font keren dengan kesan kuat dan intim tapi tidak dapat terbaca dan posisinya berantakan.

Font merupakan salah satu aspek penting dalam penulisan, mengenal font berarti Anda mengenali diri Anda sendiri. Jika Anda bingung dan tidak dapat menentukan font atau bahkan kata kata untuk kartu ucapan Anda bisa mengunjungi fastwork.id untuk meminta ahli dibidang tersebut mengerjakan hal itu untuk Anda.

0 comments:

Post a Comment