Get me outta here!

Tuesday, May 21, 2019

Pusing Dan Mual Saat Hamil, Atasi Dengan Ini



Bagi sebagian wanita biasanya akan mengalami pusing dan mual pada saat trimester awal kehamilannya, Keluhan mual muntah ini sebenarnya dipicu oleh perubahan hormonal saat hamil sehingga Bumil merasa mual, dan tidak jarang dapat mengganggu aktivitas.


Biasanya wanita yang hamil muda akan merasa pusing dan mual dimulai sejak awal masa kehamilan sampai menjelang akhir trimester pertama kehamilan, seteah itu akan berangsur-angsur mereda. Baru saat kandungan berusia 16-20 minggu, mual saat hamil umumnya akan hilang sepenuhnya.

Dibeberapa kasus ada juga wanita muda yang mulai dari awal kehamilan sampai menjelang kelahiran terus menerus mengalami pusing dan mual, biasanya jika wanita hamil terus menerus mual sepanjag masa kehamilan hampir bisa dipastikan mengandung bayi kembar.

Namun jangan khawatir saat menghadapi mual dan pusing saat hamil, karena beberapa cara ini bisa meringankannya dan tetap bisa menjalani masa kehamilan dengan nyaman.

1. Pilih-Pilih Makanan
Pusing dan mual pada saat kehamilan bisa terjadi karena asupan makanan, ada beberapa makanan yang harus dihindari seperti, Makanan pedas dan berlemak selain itu hindari juga yang mengandung kafein, seperti kopi dan makan atau minuman yang terlalu dingin. Saat mengalami pusing dan mual ibu hamil juga bisa mengkomsumsi buah-buahan yang mengandung potasium seperti pisang, apel, atau jeruk yang bisa meredakan gejala mual dan pusing. Wanita hamil juga disarankan jangan sampai perut kosong karena bisa memicu asam lambung yang mengakibatkan pusing dan mual bertambah.

2. Istirahat
Wanita hamil memang disarankan agar tidak terlalu capek, perhatikan kualitas tidur agar bangun pagi bisa segar. Selain itu, tidur singkat pada siang hari juga bisa membantu gejala mual dan pusing saat hamil. Hanya saja, hindari tidur siang setelah menyantap makan siang karena akan memperparah gejala mual dan pusing nantinya.


3. Konsumsi Vitamin & Suplemen
Dokter kandungan pasti akan memberikan beberapa vitamin dan suplemen yang bisa membantu meredakan gejala mual dan pusing yang serius. Kombinasi vitamin dan suplemen ini bisa dirancang sedemikian rupa supaya tidak sampai mengganggu kondisi perut. Misalnya vitamin B6 bisa meredakan gejala mual dan pusing saat hamil, serta vitamin C yang bisa meningkatkan penyerapan makanan.

4. Banyak Minum Air Putih
Dehidrasi adalah salah satu pemicu gejala mual dan pusing saat hamil. Namun, banyak ibu hamil yang merasa sulit memenuhi porsi delapan gelas air putih. Ini karena terlalu banyak minum bisa menimbulkan rasa kepenuhan dan berpotensi memicu muntah. Beberapa tips yang bisa dicoba antara lain menambahkan perasan lemon atau madu ke dalam air putih Bunda. Selain itu, mengisap es atau jus buah beku bisa dijadikan alternatif yang lebih lezat. Teh beraroma seperti jahe atau mint juga sering dianjurkan meredakan kondisi perut yang tidak enak.

5. Hindari Pemicu
Pada dasarnya pemicu gejala mual dan pusing saat hamil pada setiap wanita itu berbeda, wanita hamil dan suami harus memperhatikan apasaja yang bisa menyebabkan pusing dan mual dan sebisa mungkin menghindarinya, namun pada umumnya wanita hamil bisa pusing dan mual karena bau tak sedap, dan makanan yang terasa sangat asam. Dan yang terakhir.

6. Hindari Pakaian Ketat 
Sebisa mungkin sebaiknya Bunda menghindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan menyesakkan. Ini agar kondisi perut dan rongga paru-paru senantiasa terasa nyaman.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi pusing dan mual yang dialami wanita pada saat kehamilan. Semoga dengan membaca artikel ini ada banyak manfaat yang bisa diterima dan bisa membuat kehamilan kalian bisa berjalan lancar sampai melahirkan anak yang sehat dan kuat nantinya.


0 comments:

Post a Comment