Get me outta here!

Thursday, June 20, 2019

Kiat Belanja Aman Di Online Shop Bagi Pemula


Perkembangan teknologi yang sangat cepat memberikan sisi keuntungan tersendiri, khususnya adalah dengan hadirnya aplikasi online shop yang menawarkan ratusan barang dari berbagai penjual baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain memiliki banyak penawaran, juga sifatnya yang mudah diakses dari ponsel membuat belanja menjadi makin gampang. 

Meski demikian, ada juga yang belum terbiasa dengan belanja secara online bahkan belum pernah sama sekali dengan berbagai macam alasan, salah satunya alasan keamanan. Memang karena yang kita hadapi semua serba online menjadikan sifat protektif dan keragu-raguan muncul. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pembelian melalui online shop jika memang dibutuhkan tentunya dengan mencoba tips-tips sebagai berikut.

Belanja Aman Di Online Shop

Berikut beberapa tips aman dalam berbelanja secara online diantaranya :

1. Cobalah untuk memahami testimoni pembeli sebelumnya
Ini yang biasanya pertama kali dilakukan. Yakni dengan melihat ulasan dari pembeli-pembeli sebelumnya. Dengan membaca testimoni tersebut, setidaknya mendapatkan gambaran mengenai produk yang akan kita beli. 

Terkadang dalam satu produk memang memiliki review yang berbeda-beda. Ada yang memberikan penilaian positif ada pula yang memberikan respon negatif. Tentu hal ini karena tipe dan selera orang yang mungkin berbeda menjadikan tingkat kepuasan juga berbeda-beda. 

Bisa jadi sebenarnya produk tersebut memiliki kualitas bagus, namun karena dalam pembungkusan ataupun jangka waktu penerimaan barang yang lebih lama dari yang diperjanjikan membuat pembeli memberikan penilaian yang negatif. 

2. Jangan mudah tergoda dengan harga murah
Ketika mencari satu barang, tentu akan disuguhkan dengan berbagai pilihan dengan harga dari penjual yang berbeda. Bahkan terkadang ada yang menawarkan suatu barang tertentu dengan harga yang murah bahkan terkesan tidak masuk akal. 

Untuk itu, jangan sampai hanya karena pertimbangan harga menjadi asal-asalan dalam berbelanja karena bisa jadi dengan harga yang murah tersebut kualitas yang akan didapat juga tidak bagus. Untuk itu sebaiknya carilah harga yang sekiranya murah namun sudah meyakinkan jika barang yang akan dibeli tersebut benar-benar bagus kualitasnya.

3. Lakukan pengecekan ulang
Sebelum benar-benar membayarnya atau melakukan check out, cobalah untuk sekali lagi melakukan pengecekan ulang agar benar-benar merasa yakin jika barang yang akan dibeli sudah tepat dengan harga yang tepat pula. 

Hal ini semata-mata untuk menghindarkan dari kekecewaaan nantinya ketika sudah benar-benar membayarnya namun ada hal lain yang baru diketahui kemudian. Untuk itu tetaplah teliti dan tidak perlu terburu-buru. 

4. Buatlah perbandingan
Antara penjual yang satu dengan yang lain mungkin memiliki perbedaan penawaran harga. Tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan perbandingan pada produk yang sama dari dua atau lebih penjual.

Katakanlah misalkan beberapa penjual sama-sama menawarkan produk A, bisa saja dari segi harga akan berbeda. Selain itu testimoni keduanya pun biasanya juga akan berbeda. 

5. Cobalah sistem COD
Ada penjual yang memberlakukan sistem COD dan kebanyakan memang menggunakan sistem COD. Dengan adanya sistem COD atau cash on delivery ini akan lebih meyakinkan jika kita benar-benar menghadapi online shop yang tidak melakukan tipu-tipu. 

Tidak masalah jika melakukan pembelian dengan COD, selain tidak ada biaya tambahan seperti halnya melakukan pembayaran dengan perantara seperti Alfamart, Indomart, dan sebagainya kita juga bisa yakin jika barang tersebut sampai dan diterima secara langsung.

Demikianlah beberapa tips mudah berbelanja secara aman di online shop bagi pemula. Bagaimana, mudah kan? Tentu sekali-kali harus dicoba untuk merasakan kemudahan teknologi di jaman yang serba canggih ini dengan sikap yang tetap selektif tentunya. Selektif memang perlu tapi cobalah untuk tetap berpikir positif dengan memilih barang pada penjual yang tepat.

0 comments:

Post a Comment