Get me outta here!

Wednesday, June 19, 2019

Mau Beli Ruko? Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Bisnis Anda Menguntungkan


Ruko atau rumah toko biasanya dipilih oleh sebagian orang yang ingin memulai bisnis baru dengan tempat yang tetap. Ruko juga bisa menjadi faktor pendukung untuk keberhasilan bisnis Anda, syaratnya Anda memilih ruko dengan lokasi yang strategis dan memiliki akses yang mudah. Biasanya ruko terdiri dari dua lantai, di mana di lantai pertama dimanfaatkan sebagai tempat untuk usaha.

Saat ini sudah terdapat banyak ruko yang dapat dengan mudahnya Anda temui di pinggir jalan. Biasanya ruko ini terdapat di komplekss ruko, di mana di kompleks tersebut tersedia banyak ruko yang siap untuk disewakan. Jika Anda ingin memulai usaha yang membutuhkan tempat yang menetap untuk dikunjungi konsumen, ruko bisa menjadi salah satu satu tempat pilihan untuk Anda.

Kesalahan dalam Pemilihan Ruko

Banyak orang yang mudah tergiur dengan harga ruko yang murah, namun hal ini bisa menjadi masalah baru untuk orang tersebut. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih ruko. Hal-hal tersebut kadang kali tidak diperhatikan dan akhirnya menimbulkan kesalahan dalam pemilihan ruko untuk tempat usaha. Berikut ini beberapa kesalahan dalam memilih ruko untuk tempat usaha yang dirangkum dari SindoNews.com kanal properti:

1. Belum Memiliki Usaha
Ada orang yang sudah memiliki modal untuk menyewa ruko sehingga langsung menyewa ruko tersebut tanpa memikirkan usaha apa yang akan dibangunnya. Hal ini merupakan kesalahan yang sangat besar. 

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih ruko, alangkah baiknya Anda menentukan usaha yang akan Anda buat atau Anda mengembangkan usaha yang telah Anda punya sebelumnya. Bisnis yang berbeda bisa berpengaruh juga dalam pemilihan ruko yang tepat untuk usaha tersebut. 

Setelah Anda memiliki ide bisnis, Anda bisa merancang bisnis tersebut dan menyewa ruko per bulan. Jika sudah menyewa ruko dalam jangka waktu yang sebentar, Anda dapat mencoba untuk membuka usaha, jika usaha tersebut berjalan lancar Anda bisa berpikir untuk menyewa ruko dalam jangka waktu yang lama atau membeli ruko tersebut.

2. Akses Ruko yang Sulit
Hal lainnya yang kadang tidak diperhatikan secara khusus adalah akses menuju ruko usaha yang akan Anda sewa atau beli. Akses ruko yang sulit, tentu akan berpengaruh pada konsumen yang datang ke ruko tersebut. Orang akan sulit untuk melihat dan menemukan ruko tersebut, sehingga usaha Anda tidak terlihat oleh banyak orang.

Walaupun usaha Anda terletak di kompleks ruko yang berada di pusat kota, apabila akses jalan menuju lokasi ruko Anda sulit untuk dijangkau, konsumen akan malas pergi ke ruko Anda.

Konsumen tentu akan lebih memilih pergi ke lokasi yang memiliki bisnis serupa dengan akses tempat yang lebih mudah untuk dijangkau. Apalagi apabila usaha Anda merupakan usaha baru dan belum memiliki keunikan tersendiri yang membuat konsumen akan selalu mengujungi tempat usaha Anda.

3. Lokasi Ruko yang Tidak Tepat
Seorang yang ingin memiliki usaha dan bertempat di ruko, tentu ingin lokasi ruko tempat usahanya merupakan lokasi yang strategis. Tetapi, masih saja ada sebagian orang yang memilih lokasi usaha yang tidak tepat untuk bisnisnya. 

Banyak orang yang hanya memperhatikan harga ruko yang murah, tetapi biasanya dibalik harga yang murah itu pasti terdapat alasan mengapa ruko tersebut murah, biasanya karena lokasi yang kurang strategis.

Lokasi yang strategis adalah sarana Anda untuk mempromosikan usaha Anda, terutama apabila Anda baru memulai usaha. Oleh karena itu, pilih lokasi yang paling tepat dan strategis untuk tempat usaha, agar usaha Anda semakin diketahui oleh banyak orang.

4. Kurang Memahami Perizinan dan Perizinan Tidak Tepat
Dalam melakukan transaksi beli atau sewa ruko dan memulai usaha pasti terdapat perizinan sebelumnya. Masalah mengenai perizinan adalah masalah yang biasanya dialami oleh pemilik bisnis. Pemilik bisnis sering tidak memeriksa dan mengecek izin lokasi atau mendirikan bangunan. 

Masalah ini akan sangat mengganggu untuk pebisnis, terutama saat bisnis tersebut sudah mulai berjalan. Oleh karena itu, jangan sepelekan masalah perizinan ini, Anda perlu memerhatikan dengan baik perizinan secara keseluruhan, agar saat usaha Anda berjalan Anda tidak mengalami masalah tersebut.

5. Fasilitas yang Kurang Lengkap
Ruko yang disewa biasanya memang tidak menawarkan fasilitas yang banyak seperti perumahan. Namun, ada beberapa fasilitas utama yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Falitas tersebut adalah aliran air, pastikan aliran air lancar dan bersih. Biasanya di ruko juga sudah terdapat kamar mandi, pastikan kamar mandi layak dan airnya dapat digunakan setiap saat.

Fasilitas lainnya adalah berupa dinding dan lantai yang ada di ruko. Kadang kali hal ini tidak terlalu diperhatikan oleh calon pembeli dan penyewa ruko, tapi apabila ruko memiliki cat dinding yang masih bagus dan lantai yang tidak pecah, tentu saja Anda tidak perlu melakukan renovasi lagi. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran Anda sebelum Anda memulai bisnis.

0 comments:

Post a Comment