Get me outta here!

Monday, September 9, 2019

Begini Fungsi Alat Bantu Pendengaran Yang Perlu Diketahui


Seiring bertambahnya usia, panca indra pada manusia semakin berkurang kepekaannya. Terutama indra pendengaran yang menjadi masalah utama yang banyak dirasakan oleh mereka yang sudah lanjut usia. Adanya alat bantu pendengaran membantu para lansia untuk tetap bisa mendengarkan suara dengan jelas meskipun indra pendengarannya bermasalah. Alat ini dapat Anda temukan dengan mudah di pusat alat dengar. Harga alat bantu dengar ini juga bervariasi bergantung dengan tipe dan jenisnya. Semakin tinggi tingkat kerusakan pada indra pendengar Anda, akan lebih mahal juga harga alat bantu tersebut.

Selain karena usia, berkurangnya kemampuan mendengar seseorang juga di sebabkan oleh rusaknya atau kelainan pada organ pendengaran. Cara kerja telinga manusia dimulai pada bunyi yang masuk ke lubang telinga manusia. Bunyi tersebut mengakibatkan gendang telinga bergetar yang kemudian menyalurkan bunyi ke rumah siput melalui osikula. Karena getaran bunyi tersebut, cairan yang berada di rumah siput turut bergetar dan menyebabkan sel rambut melengkung. 

Ada dua ujung sel rambut yang terdapat di dalam telinga. Satu sel rambut yang berada di ujung rumah siput mengirimkan bunyi yang bernada rendah sedangkan ujung lainnya mengirimkan bunyi yang bernada tinggi. Proses akhirnya ada pada saraf  auditori yang mengirikan sinyal ke otak sehingga terdeteksi makna yang didapatkan dari bunyi tersebut.

Umumnya sama dengan cara kerja telinga, alat bantu dengar ini juga memiliki proses hingga bunyi dapat dideteksi oleh otak. Alat bantu dengar tersebut memiliki mikrofon yang nantinya akan menangkap suara dan memprosesnya menjadi sinyal digitak. Fitur alat bantu tersebut yaitu Digital Sound Processor (DSP) yang akan berperan untuk memodifikasi sinyal agar dapat sesuai dengan gangguan pendengaran yang terjadi pada Anda. 

Penjelasan lebih mudahnya, alat bantu dengar ini dibagi menjadi 4 tahapan. Pertama memulihkan pendengaran sehingga Anda dapat mendengar suara. Kedua menahan kebisingan sehingga gangguan pendengaran Anda sedikit berkurang. Ketiga menghilangkan dengung yang membuat Anda tidak mendengar adanya kerusakan pada suara yang Anda tangkap. Dan terakhir,  kenyamanan pendengaran Anda. Dengan alat bantu dengar tersebut, Anda akan lebih nyaman berkomunikasi dan mendengarkan suara.

0 comments:

Post a Comment