Get me outta here!

Thursday, September 19, 2019

Jalan-Jalan Hemat di Surabaya


Jelang akhir tahun seperti saat ini, menjadi momen yang pas buat liburan. Gimana kalau kita terbang ke Surabaya aja yang punya banyak spot menarik buat dikunjungi? Apalagi saat ini tiket pesawat Banjarmasin Surabaya sudah cenderung normal, hehe. 

Jangan takut dengan stigma bahwa Surabaya adalah kota mahal. Meskipun termasuk sebagai kota besar dan metropolitan dengan banyaknya ekspatriat dan pendatang, namun masih bisa kok liburan hemat yang tetap menyenangkan di Kota Pahlawan ini. Tapi sebelumnya cek tanggal yang sesuai dengan masa liburmu, baru deh siap buat jalan-jalan. 

Surabaya tak hanya sekadar sarat akan peninggalan dan cerita sejarah perjuangan mempertahankan Merah Putih dari tangan penjajah. Kota yang dipimpin oleh Ibu Tri Rismaharini ini bertumbuh menjadi kota dengan destinasi wisata yang keren banget untuk kamu kunjungi. 

Kali ini kita jalan-jalannya beda kok. Selain itu juga hemat budget namun tetap menyenangkan dan menyegarkan pikiran kamu yang sudah lelah dengan aktivitas dan pekerjaan yang dijalani beberapa waktu terakhir. Eits, bukan tempat yang mainstream seperti Tunjungan Plaza atau jejeran kedai kopi terkenal, beberapa tempat di bawah bisa kamu nikmati dengan budget minim.

  • Jajan sampai kenyang di Pasar Atom Suka kulineran kan? Gak lengkap rasanya jika liburan tanpa makan-makan. Nah, kita ke Pasar Atom aja, yuk! Masuknya dari parkiran belakang, kamu bakal nemuin warung yang jual Lontong Mie Sambal Petis yang luar biasa nikmat dengan harga per porsinya amat terjangkau, 15 ribu Rupiah. Sambil jalan kaki nurunin isi perut, boleh deh tuh keliling Pasar Atom yang juga jadi satu dengan mall-nya yang menjual barang-barang fashion dan perhiasan. 
  • Di sudut ada yang jual Bubur Madura, duh ngiler kan? Boleh deh satu porsi. Jalan lagi keliling pasar, eh di sudut lain juga ada yang jual Rujak Cingur yang enak, plus juga jajanan-jajanan pasar yang menggoda. Dijamin deh, seharian keliling di Pasar Atom gak bakal bikin kurus, malah kekenyangan. Belum lagi pulangnya bawa cemilan yang dijual kiloan untuk ngisi toples di rumah, atau mampir di Nasi Cumi yang legendaris itu. Mantap jiwa!
  • Belanja baju bekas di Pasar Pagi Pahlawan Terletak di sekitar Tugu Pahlawan, Pasar Pagi yang buka sejak subuh hingga sekitar pukul 10.00 WIB ini jadi surganya belanja. Jika Bandung dikenal dengan factory outlet dan distro, maka Surabaya juga punya surga belanja barang bekas yang tak kalah kualitasnya dengan barang baru. Gak jarang loh, banyak yang dapat barang bermerek dengan harga yang amat miring dan kualitasnya masih oke punya. Bawa bekal uang 100 ribu Rupiah, kamu bisa bawa pulang 4-5 potong baju. Bisa juga milih jaket, celana, tas, kacamata, jam tangan, dan lain-lain. 
  • Keliling kota dengan bus wisata Surabaya Shopping and Culinary Track (SSCT) Bus berwarna jingga dengan ornamen khas ini siap membawa kamu keliling Kota Surabaya. Rutenya ada dua, yang biasanya diterapkan per hari tertentu. Misalnya nih, untuk bus yang berangkat di hari Selasa, Kamis dan Sabtu, rutenya yang dimulai di halaman Balai Pemuda Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya ini akan keliling ke Museum Surabaya di Gedung Siola – Monumen Kapal Selam – Pantai Kenjeran Lama – Sentra Oleh-Oleh di Pasar Bulak – dan balik lagi ke titik keberangkatan.
Bayarnya hanya 7.500 Rupiah dan kamu bisa berkeliling dari jam 09.00 pagi hingga 14.00 siang WIB. Kapan lagi keliling kota murah meriah dan dipandu oleh tour guide yang interaktif? Di titik pemberhentian, kita juga akan mampir kok. Keren lah ini pokoknya, benar-benar wisata idaman.

Jadi, siapa bilang jalan-jalan di Surabaya mahal? 

0 comments:

Post a Comment