Get me outta here!

Thursday, September 12, 2019

Mengenal Lebih Dekat Bidang Pengobatan yang Dilakukan Oleh Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi


Keberadaan dokter di dalam kehidupan masyarakat memang sangatlah penting, apalagi bukan sebuah rahasia lagi jika sekarang ini ada kian banyak jenis penyakit yang rentan dalam menyerang manusia. Sehingga harus ada yang bertanggungjawab di dalam menyembuhkannya. Karena jenis masalah atau gangguan yang dialami terbilang beragam, sehingga tidak dapat dipungkiri jika seandainya bidang atau ilmu medis yang dipelajari agaknya juga sangatlah beragam. Mulai diantaranya khusus organ dalam, syaraf dan juga ada spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi. Mungkin banyak yang sudah mengenal baik bidang kedokteran yang satu ini.

Karena sering kali di rumah sakit besar pasti ada bagian tersebut untuk menangani mereka yang memiliki masalah berhubungan dengan kondisi fisik, dimana beberapa bagian tubuhnya mengalami kemunduran atau tidak dapat difungsikan seperti sedia kala, sehingga membutuhkan rehabilitasi khusus sehingga bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kondisi-kondisi semacam ini bisa dialami oleh siapa saja, seperti diantaranya adalah yang pernah mengalami kecelakaan, kemudian juga memiliki berat badan berlebih, terjadi perubahan dalam fase hidupnya dan sebagainya.

Spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi ini nantinya juga akan diambil oleh dokter khusus, dimana sebelumnya mereka juga sudah menjalani pendidikan spesialis ini, sehingga bisa untuk menangani kondisi-kondisi tersebut. Jika berbicara mengenai rehabilitasi medis yang ada, maka bentuk-bentuk yang dilakukan atau diberikan kepada pasien juga sangatlah beragam, diantaranya adalah:

  1. Terapi okupasi, ini adalah jenis terapi yang dilakukan oleh dokter rehabilitasi dengan tujuan adalah untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan fisik atau mental pasien yang bermasalah. Dengan adanya bentuk terapi yang satu ini, maka nantinya pasien juga bisa menjadi jauh lebih mandiri dalam menjalani berbagai macam rutinitas atau aktivitas sehari-harinya. Dalam melakukan terapi yang satu ini maka dokter akan memperhatikan atau memberikan berbagai macam penilaian penting kepada pasien tersebut terlebih dahulu. Pelatihan yang diberikan juga akan berbeda, harus menyesuaikan dengan kebutuhan dari pasien dan biasanya memakan waktu yang cukup lama untuk bisa benar-benar pulih.
  2. Fisioterapi, istilah yang mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan. Biasanya bagian yang satu ini memiliki peran penting di dalam menangani keterbatasan anggota gerak dari pasien tersebut. Seperti mereka yang lumpuh karena terkena stroke, maka bisa menjalani pengobatan atau terapi pada bagian ini sehingga nantinya bisa meningkatkan kemampuannya di dalam bergerak, berdiri, berjalan dan juga sebagainya. Pengobatan yang dilakukan juga berlangsung secara bertahap atau tidak bisa secara langsung, jadi membutuhkan waktu yang agak lama.
  3. Terapi bicara, dokter di bagian ini biasanya akan mengatasi gangguan atau kesulitan bicara yang sering kali dialami oleh pasiennya, misalnya adalah kesulitan di dalam merangkai kata. Contohnya yang terjadi pada mereka yang menderita apraksia dan juga disartria, gangguan bicara semacam ini bisa diatasi dengan terapi secara terus-menerus.
  4. Rehabilitasi sosial, jangan salah karena ternyata rehabilitasi tidak hanya untuk fisik saja, melainkan juga lingkungan sosial. Mereka berusaha untuk membantu pasien yang mengalami masalah pada perubahan sosial yang terjadi. Sehingga nantinya bisa kembali membaur atau bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat, setelah sebelumnya menarik diri dari lingkungan sosial. 
Bidang spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi ini ada di setiap rumah sakit, namun umumnya rumah sakit besar, sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah yang Anda alami, jangan sampai salah berobat.

0 comments:

Post a Comment