Get me outta here!

Friday, December 6, 2019

Inilah 5 Istilah Umum yang Sering Digunakan Dalam Asuransi


Ada banyak pilihan asuransi yang bisa Anda beli baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Jika Anda akan menggunakan asuransi, ada beberapa hal yang perlu untuk dimengerti. Termasuk kata-kata yang sering digunakan dalam asuransi. Walaupun penyedia asuransi terbaik pasti akan menjelaskan dengan detail, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa kata yang sering digunakan untuk memudahkan menentukan pilihan. 

Meskipun Anda sudah cukup yakin dengan pengetahuan yang Anda miliki mengenai sistem asuransi, namun tetaplah menanyakan dengan detail kepada penyedia jasa mengenai bagaimana prosedur, peraturan, dan semua perjanjian yang akan diberikan ketika menggunakan asuransi yang diinginkan tersebut. Jangan sampai terjadi ketidakpahaman yang pada akhirnya akan menimbulkan kerugian ya. 

Istilah-istilah umum yang sering digunakan dalam asuransi 

Agar Anda tidak bingung ketika memilih asuransi, ada baiknya mengenal istilah-istilah yang sering digunakan dalam asuransi berikut ini. 

1. Aktuaris 
Istilah ini diberikan untuk seseorang yang sudah ahli dalam dunia asuransi. Keahliannya didapat melalui pelatihan dan penambahan pengetahuan. Aktuaris inilah yang menghitung besaran premi yang harus dibayarkan oleh nasabah yang akan membeli produk asuransi. 

2. Premi 
Adalah besaran biaya yang harus Anda bayarkan sebagai bentuk keikutsertaan sebagai pemegang polis dalam suatu asuransi. Terkait besaran biaya ini akan diberitahukan diawal sebelum Anda melakukan tanda tangan dan didasarkan pada kondisi Anda dan tertanggung. Konsultasikan hal ini dengan penyedia jasa untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci. 

3. Polis 
Polis adalah surat perjanjian antara kedua belah pihak. Dimana disini terjalin antara perusahaan asuransi dengan nasabah yang memegang polis. Dalam polis ini juga tercantum peraturan mengenai jenis risiko apa saja yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Maka tanyakan sampai Anda benar-benar paham ya sebelum melakukan tanda tangan. Asuransi terbaik pasti memberikan penjelasan yang jelas dan mudah dimengerti oleh calon nasabah. 

4. Risiko 
Ketika Anda memiliki sebuah asuransi tentu karena ingin mengurangi akibat atau dampak yang ditimbulkan oleh terjadinya risiko kepada barang atau individu yang tertanggung. Kerugian inilah yang kemudian disebut sebagai risiko. Jenis risiko dapat berupa kematian, penyakit, kecelakaan, kebakaran, kehilangan dan lain sebagainya. 

5. Tertanggung dan Penanggung 
Tertanggung adalah orang yang akan menerima manfaat dari adanya asuransi ini jika terjadi risiko. Misalnya saja dalam asuransi pendidikan, yang menjadi tertanggung adalah anak. Sehingga jika terjadi risiko, maka yang berhak mendapat uang pertanggungan adalah si anak. Sedangkan penanggung adalah pihak yang menanggung atau yang membayar premi. 

Demikian beberapa istilah yang sering digunakan dalam sistem asuransi. Masih banyak istilah asuransi lainnya yang dapat Anda tanyakan nantinya ketika menjadi calon nasabah. Perusahaan penyedia asuransi terbaik tidak akan menyulitkan penjelasan dari suatu informasi. Semua pasti akan disampaikan secara jelas dan lengkap. 

0 comments:

Post a Comment