Get me outta here!

Thursday, March 19, 2020

Tips Merawat Mobil agar Awet Digunakan Lebih Lama


Ganti oli mobil merupakan salah satu cara perawatan mesin mobil yang bisa memberikan dampak positif. Mobil Anda bakal lebih nyaman dan awet digunakan dalam kurun waktu lebih lama. Tentu mobil yang rutin digunakan bakal mengalami penurunan performa sehingga Anda perlu melakukan perawatan secara konsisten.

Selain rutin melakukan pengecekan oli mobil, apa saja yang perlu Anda lakukan untuk merawat kendaraan kesayangan? Yuk, simak ulasan lengkap berikut!

1. Memeriksa bagian kopling dan rem
Para pemilik kendaraan disarankan untuk melakukan penggantian kampas kopling yang sudah aus. Biasanya pabrikan menyarankan penggantian kampas kopling yang aus pada jarak tempuh 10 ribu sampai 50 ribu kilometer. Seiring pemakaian yang lama, bagian kampas kopling yang aus berdampak pada perpindahan gigi terasa berat. Sedangkan bagian minyak rem harus diganti setiap jarak tempuh 20 ribu kilometer.

2. Mengganti air radiator 
Air radiator harus diganti berkala agar kemampuan coolant mengikat panas tetap terjaga. Seiring pemakaian yang terus menerus, kemampuan coolant bakal mengalami penurunan. Selain itu, penggantian air radiator setiap jarak 40 ribu kilometer bisa menjaga dari risiko korosi. Tak perlu pergi ke bengkel, Anda bisa melakukan pengurasan sendiri.

3. Mengecek aki 
Selain ganti oli mobil rutin, Anda wajib mengecek air aki berada di level normal atau air aki berada di antara garis penanda. Untuk mengetahui tegangan aki, Anda bisa mengecek menggunakan alat voltmeter yang lebih akurat. Aki yang soak berdampak pada kelistrikan mobil Anda, lho!

4. Mengecek kondisi ban dan tekanan normal 
Setiap komponen penting pada kendaraan harus dicek dengan baik sebelum Anda melakukan perjalanan jarak jauh. Pastikan tekanan pada mobil normal atau tidak terlalu kempes atau berlebihan. Tekanan ban mobil yang sesuai aturan akan mendukung kenyamanan perjalanan Anda.

5. Memeriksa kabel kelistrikan dan lampu kendaraan 
Alangkah baiknya Anda rutin melakukan pengecekan kabel kelistrikan, misalnya kabel yang telah kendur, rusak atau terputus. Selain itu, pastikan lampu kendaraan bisa berfungsi normal atau tidak terlalu redup untuk mendukung keselamatan perjalanan Anda.

Bila menemukan ada komponen kelistrikan yang mengalami kerusakan, maka segera melakukan penggantian sparepart sesuai rekomendasi pabrikan. Mengganti sparepart dengan bahan imitasi tentu bakal berdampak pada kerusakan mobil jangka panjang.

6. Mencuci mobil dengan baik 
Tips merawat mobil kesayangan agar lebih awet dan kinclong adalah mencuci mobil secara berkala. Setiap mobil melakukan perjalanan jauh atau melewati jalan becek harus segera dilakukan pencucian. Bisa jadi kotoran atau sisa air hujan menempel pada eksterior mobil Anda. Endapan kotoran lumpur yang menempel pada kaki-kaki mobil akan menyebabkan masalah karat dan korosi.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian kaca mobil dengan cairan pembersih khusus. Anda wajib membersihkan karet pada jendela kaca mobil lebih baik agar terbebas dari kotoran dan debu yang menyebabkan kaca tergores. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian interior mobil seperti mencuci jok mobil, membersihkan kabin dari debu, kotoran atau sampah yang bisa sebabkan jamur dan bau tidak sedap.

7. Selalu menggunakan bahan bakar berkualitas 
Bahan bakar yang berkualitas sangat mendukung performa mesin mobil Anda tetap prima. Bahan bakar yang beroktan tinggi atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan akan membantu kinerja mobil lebih maksimal. Ganti oli mobil secara rutin bisa mencegah material bahan bakar masuk ke ruang pembakaran. Setidaknya dua hal berkaitan harus Anda perhatikan lebih detail agar mobil bisa tetap awet dan tahan lama.

Nah, apakah Anda sudah melakukan perawatan mobil dengan baik dan benar? Lakukan servis berkala di bengkel yang kredibel dan profesional untuk menjaga performa mesin mobil terjaga maksimal. Lakukan penggantian oli mesin mobil di tempat yang terpercaya dan bergaransi resmi, ya! Tidak perlu mengantri lama di bengkel untuk melakukan ganti oli mobil sebab Anda bisa melakukan pemesanan jadwal penggantian menggunakan layanan online.

Gunakan aplikasi Otomall.id yang memiliki rekan atau mitra lebih dari 50 bengkel profesional di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Anda bisa membandingkan layanan satu bengkel dengan bengkel yang lain termasuk memilih oli terbaik untuk mobil kesayangan. Yuk, lakukan servis mobil untuk menjaga performa akomodasi pribadi yang mendukung aktivitas harian lebih baik!

0 comments:

Post a Comment