Get me outta here!

Selasa, 28 April 2020

Apa yang Harus Dilakukan Jika Hasil Tes Corona Anda Positif?


Orang-orang yang terinfeksi Covid-19 biasanya akan menunjukkan gejala-gejala tertentu, seperti demam, batuk, sesak napas, hingga diare. Namun ternyata, tidak sedikit orang-orang yang berisiko tinggi membawa virus corona bersamanya tidak memiliki gejala apapun dan masih bisa beraktivitas seperti biasa. Setelah dites, baik dengan Rapid Test maupun dengan PCR, hasilnya positif. Orang-orang inilah yang disebut dengan OTG atau Orang Tanpa Gejala.

Sebelumnya, kita mengenal dua jenis pasien corona, yaitu ODP dan PDP. ODP adalah orang dalam pemantauan. Mereka yang termasuk ke dalam ODP adalah orang-orang yang memiliki gejala corona dan baru saja pulang dari daerah-daerah terjangkit Covid-19. 

Sedangkan PDP adalah pasien dalam pengawasan. Mereka yang termasuk ke dalam PDP adalah orang-orang yang memiliki gejala mirip corona, memiliki riwayat bepergian ke zona merah, dan pernah berkontak dengan pasien positif.

Baik OTG, ODP maupun PDP belum dikonfirmasi apakah mereka positif corona atau tidak sampai dibuktikan dengan tes PCR atau Rapid Test. Jika setelah dilakukan tes hasilnya positif, apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Hasil Positif Melalui Tes Cepat

Jika Anda pernah melakukan tes cepat dengan sampel darah dan hasilnya positif, jangan panik. Tetaplah tenang karena hasil ini belum final. Hasil positif pada tes cepat hanya membuktikan adanya antibodi di dalam tubuh Anda. Bisa jadi antibodi yang ada di dalam tubuh Anda diproduksi untuk melawan virus lain.

Untuk memastikan apakah antibodi yang diproduksi tubuh dikarenakan oleh virus corona, hasil tersebut harus dikonfirmasi dengan tes PCR. Anda akan harus menjalani tes swab untuk memastikan apakah Anda terinfeksi corona atau tidak.

Hasil positif melalui PCR

Jika dengan metode ini hasil Anda positif, berarti Anda benar-benar terinfeksi virus corona. Tes dengan PCR memiliki keakuratan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Rapid Test. Yang dites bukanlah ada atau tidaknya antibodi dalam tubuh, melainkan ada atau tidaknya virus dari swab yang diambil sebagai sampel.

Yang Harus Dilakukan Jika Hasil Tes Positif

Untuk orang yang positif corona namun dengan gejala yang ringan atau tanpa gejala sama sekali, Anda disarankan untuk isolasi mandiri di rumah. Jangan keluar rumah apalagi berada di keramaian. Sebisa mungkin, hindari kontak dengan orang lain.

Untuk orang yang positif dengan gejala yang berat, Anda sebaiknya pergi ke rumah sakit rujukan Covid-19  untuk melakukan pemeriksaan dan isolasi. Ceritakan kondisi Anda dengan jujur kepada tenaga medis yang bertugas agar mereka tidak ikut tertular dan bisa merawat Anda.

Demikian informasi mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui jika hasil tes corona Anda positif. Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak dan kompleks. Hal inilah yang menyulitkan pemerintah dalam melakukan tes masal. Karena itulah pemerintah selalu menekankan pentingnya di rumah saja guna memutus penyebaran virus corona yang semakin meluas.

Bagi Anda yang ingin melakukan tes untuk memastikan apakah Anda terinfeksi corona atau tidak, namun tidak memiliki akses untuk Rapid Test ataupun PCR, kini Anda bisa melakukan tes mandiri secara online. Tes ini diselenggarakan oleh Halodoc sebagai skrining awal, apakah seseorang berisiko tinggi terkena Covid-19 atau tidak.

Berbeda dengan Rapid Test dan PCR yang memerlukan sampel, tes risiko dari Halodoc ini hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan. Hasilnya bisa langsung Anda ketahui setelah semua pertanyaan selesai dijawab. Anda juga akan diberikan saran terkait langkah selanjutnya setelah melakukan tes tersebut. Tes ini gratis dan bisa dilakukan oleh siapapun.

0 komentar:

Posting Komentar