Get me outta here!

Minggu, 26 Juli 2020

Menjawab Pertanyaan “Apa itu Corona?” Dari Si Kecil


Kehadiran virus Corona SARS-CoV-2 mengejutkan penduduk di seluruh dunia. Penularannya cepat dan sulit dikenali gejalanya membuat virus ini memakan banyak korban. Di Indonesia sendiri, kehadiran virus Corona pada awal Maret silam menimbulkan pertanyaan baru terkait apa itu corona. Bagi orang dewasa, membaca artikel terkait virus corona mungkin sudah bisa paham pengertian corona. Namun tidak dengan anak kecil.

Menjelaskan Corona pada Anak Kecil

Libur sekolah berbulan-bulan tentu menimbulkan pertanyaan ada apa sebenarnya di benak buah hati Anda yang masih kecil. Suasana sekolah setiap hari dirindukan, begitu pula dengan uang jajannya. Untuk memberikan penjelasan dan pengertian kepada buah hati Anda, tentu harus disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Berikut cara untuk menjawab pertanyaan dari si kecil terkait dengan apa itu corona:

1. Sampaikan dengan sebuah cerita
Anda bisa mengibaratkan virus corona sebagai monster pada animasi atau kartun yang buah hati Anda senangi. Monster memiliki karakter buruk yang membuat orang takut dan harus menghindarinya. Monster tersebut dapat masuk ke dalam tubuh dari karakter animasi yang menjadi tokoh utama. Untuk menghindarinya harus menjaga jarak dan melindungi diri dengan masker. Anda juga bisa menyampaikannya dengan cerita lain yang mudah dipahami. 

2. Memberikan video animasi
Cara penyebaran corona banyak dijelaskan dengan berbagai cara baik berupa kalimat maupun penjelasan kalimat atau visualisasi video. Anda dapat menggunakan platform youtube untuk memberi penjelasan kepada buah hati Anda. Sebab akan lebih mudah dimengerti jika dijelaskan melalui video animasi. Pastikan Anda mendampingi ketika buah hati menonton videonya. Berikan sedikit penjelasan untuk membantu meningkatkan pemahaman.

Demikianlah cara yang bisa Anda lakukan untuk menjawab pertanyaan si kecil terkait apa itu corona. Setelah si kecil paham, berikan alat perlindungan diri baik itu masker atau face shield serta latih anak untuk membiasakan diri mencuci tangan. Berikan edukasi setiap hari mengenai virus corona ini. Selain itu, Anda dapat menghimbau buah hati Anda untuk tidak bermain di luar rumah terlebih dahulu demi memutus rantai penyebaran corona.

0 komentar:

Posting Komentar