Get me outta here!

Jumat, 14 Agustus 2020

5 Alasan Larangan di SPBU yang Harus Ditaati Demi Keamanan Bersama


Saat mengisi bahan bakar kendaraan, salah satunya di SPBU Pertamina, seringkali banyak orang tidak memahami larangan-larangan yang ada di SPBU. Larangan tersebut penting karena menyangkut keselamatan.

Tempat pengisian bahan bakar kendaraan merupakan tempat yang sebaiknya steril atau zona nol. Peraturan SPBU tentunya menjadi standar operasional tersendiri. Agar Anda awas terhadap larangan untuk standar keamanan ini, ada beberapa alasan mengapa aturan tersebut dibentuk.

Keterangan Larangan pada SPBU

1. Dilarang Merokok 
Terdapat aturan tegas di setiap SPBU yang adanya larangan merokok. Karena SPBU merupakan bahan bakar minyak dan juga mengandung gas tekanan tinggi, bara api pada puntung rokok yang kecil dapat menimbulkan bahaya. Apabila bara tersebut terkena minyak, maka akan cepat memicu api dan dapat menimbulkan kebakaran.

2. Dilarang Menggunakan Kamera 
Kamera memiliki baterai di dalamnya. Baterai dapat terbakar dengan mudah apabila dipicu uap panas yang dihasilkan pada bensin. Selain itu, fitur flash pada kamera akan memicu adanya listrik statis yang dikhawatirkan dapat memicu api.

3. Dilarang Menggunakan Telepon Seluler 
SPBU manapun, termasuk di SPBU Pertamina, dikelilingi oleh minyak dan uap bensin. Uap ini sangat rentan terbakar apabila ada pemicu seperti api menyala sangat kecil. Dalam telepon seluler yang mengandung baterai, baterai dapat saja menimbulkan gesekan dengan konektor telepon sehingga menimbulkan panas atau bunga api.

Meski sangat kecil, bunga api dapat memicu api yang lebih besar apabila bersinggungan dengan uap panas pada minyak. Oleh karena itu, SPBU melarang menggunakan ponsel saat Anda mengisi bahan bakar.

4. Dilarang Menghidupkan Mesin 
Menghidupkan mesin saat mengisi bahan bakar adalah hal yang dilarang. Mesin yang masih menyala menghasilkan suhu yang panas. Dari hal ini, kemungkinan dari dinamo kendaraan dapat menimbulkan percikan api meski kecil.

Ketika percikan tersebut mengenai uap bensin, maka hal ini dapat menyebabkan kebakaran pada kendaraan motor dan dapat menjalar pada SPBU. Tentu hal ini sangat berbahaya, oleh karena itu Anda wajib mematikan mesin kendaraan.

5. Dilarang Menggoyang Kendaraan 
Beberapa orang mungkin menggoyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar. Mereka mempercayai bahwa bensin akan mengisi tangki hingga penuh ketika kendaraan digoyang-goyangkan.

Padahal, ini adalah tindakan berbahaya karena dapat memicu kebakaran. Ujung Nozzle selang bensin adalah besi dan ujung tangki juga berbahan sama. Apabila gesekan tersebut menghasilkan percikan api, maka dapat memicu kebakaran.

Larangan pada SPBU di atas, terutama pada SPBU Pertamina sebaiknya dipatuhi agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar