Get me outta here!

Minggu, 23 Agustus 2020

Pelajari Prosedur Lapor Pajak Dijamin Cepat dan Tepat


Perkembangan dunia teknologi dan informasi saat ini sangatlah pesat, tak terkecuali pada cara lapor pajak. Digitalisasi perpajakan telah tumbuh di Indonesia dan menciptakan sistem perpajakan canggih yang memudahkan setiap orang.

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan layanan lapor pajak secara online sebagai langkah memudahkan pembayaran pajak. Lalu, bagaimana prosedur yang harus ditempuh? Nah berikut ini penjelasannya.

1. Cara Lapor Melalui E-Filing
Pada dasarnya cara lapor pajak secara online memiliki empat prosedur yang harus Anda lewati. Diantaranya yaitu:

  • Prosedur yang pertama yaitu dengan mengisi formulir e-SPT yang ada pada aplikasi e-filling. Aplikasi ini dapat Anda akses di situs DJP atau juga eFilling lainnya. 
  • Anda bisa klik “Buat SPT” dan akan muncul pertanyaan. 
  • Selanjutnya klik “Ambil Kode Verifikasi” dan klik “Kirim SPT” untuk mengirimkan SPT secara online dengan mengisi kode verifikasi yang telah Anda dapatkan. 
  • Jika SPT telah berhasil terkirim, maka Anda akan dikembalikan pada halaman awal.
2. Syarat Lapor SPT Online
Selain prosedur diatas, ketika ingin membuat laporan pajak Anda harus memperhatikan beberapa syarat yang berlaku. Syarat tersebut yaitu EFIN Pajak yang merupakan syarat utama untuk lapor pajak di e-Filing. Kedua yaitu Anda harus mengisi formulir SPT pribadi. Setelah mengisi formulir SPT pribadi, Anda bisa mengisi formulir 1721-A1 jika Anda bekerja di sebuah perusahaan. Terakhir Anda harus memiliki akun aplikasi e-filling yang aktif.

3. Keuntungan Pelaporan Pajak Online
Nah, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melapor pajak secara online. Keuntungan tersebut yaitu Anda bisa lebih aman dalam melakukan transaksi. Aplikasi pajak online telah didukung oleh sistem EFIN atau Electronic Filing Identification Number. Dengan adanya EFIN ini semua transaksi pajak online dari mana pun akan terinskripsi dengan aman dan sangat rahasia. Selain itu ketika membuat laporan pajak secara online Anda tidak perlu lagi menggunakan tanda tangan. Tanda tangan akan digantikan dengan kode verifikasi sehingga lebih aman.

Cara lapor pajak saat ini telah menjadi mudah dengan hadirnya sistem digitalisasi perpajakan. Dengan adanya sistem ini Anda bisa dengan mudah membayar ataupun juga melaporkan pajak secara online dimana pun kapan pun. Untuk Anda yang kesulitan dalam menghitung banyaknya pajak untuk dilaporkan, BukuKas bisa jadi solusinya. BukuKas merupakan aplikasi pembukuan yang efektif serta sangat mudah untuk digunakan.

Dari mulai menghitung pajak, kasbon, hutang piutang, dan masih banyak lagi. Dengan adanya BukuKas, Anda bisa mencatat dan menagih hutang piutang maupun kasbon secara efektif. Selain itu di BukuKas juga tersedia fitur pengingat terkait pembayaran hutang via Whatsapp. Tunggu apa lagi? Yuk segera download aplikasi BukuKas dari Google Play Store atau Appstore di HP Anda.

0 komentar:

Posting Komentar