Get me outta here!

Rabu, 16 September 2020

Hindari Rumah Bocor saat Hujan, dengan Tips Ini Yuk!

Sumber: pinterest.com

Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya harus dijaga dan dirawat dengan baik oleh penghuninya. Bagian atap rumah seringkali diabaikan begitu saja. Sehingga masalah rumah bocor pun terjadi saat musim hujan datang. Hal ini tentunya sangat mengganggu sebab selain mengusik kenyamanan penghuninya, rumah bocor juga bisa merusak segala furniture yang ada di rumah. Untuk menghindari rumah bocor ketika hujan, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa persiapan untuk menjaga rumah agar tidak bocor.

Kira-kira apa saja ya persiapan yang harus dilakukan untuk menghindari rumah bocor saat hujan? Yuk, perhatikan tipsnya di bawah ini!

1. Cek Kondisi Plafon yang Ada Di Rumah
Sumber: pinterest.com

Plafon yang sudah mengalami kelembaban, pelapukan dan rusak, bisa menyebabkan rembes serta mengganggu udara yang masuk di dalam rumah. Oleh karena itu, mengecek kondisi plafon di rumah perlu kamu lakukan. Sehingga bagian plafon rumah yang sudah rembes bisa diperbaiki dengan segera. Kalau sudah begini, masalah rumah bocor pun bisa teratasi dengan baik.

2. Perbaiki Atap Rumah yang Rusak
Sumber: pinterest.com

Atap rumah juga perlu kamu perhatikan. Coba periksa kondisi atap rumah kamu, pastikan tidak ada kerusakan atau pelapukan pada atap genteng rumah. Lakukanlah tahap ini secara rutin. Jika ada genteng yang sudah rapuh dan retak, segera ganti dengan yang baru agar rumah kamu terbebas dari kebocoran. Jangan tergiur dengan harga genteng yang murah namun kualitas tidak menjamin. Pilihlah genteng dengan bahan yang bagus dan kuat supaya tidak mudah rembes. 

3. Perhatikan Pemasangan pada Kusen Jendela dan Pintu
Sumber: pinterest.com

Bukan cuma bagian atap nya saja, pemasangan pada kusen jendela dan pintu rumah juga harus kamu perhatikan sebab itu juga dapat mengakibatkan rembes dan bocor lewat sela-sela jendela dan pintu saat lagi hujan deras. Untuk itu, gunakanlah kusen buat pintu dan jendela dengan ukuran yang sesuai agar dapat menghindari rembes dan kebocoran.

4. Aplikasikan Pelapis Anti Bocor
Sumber: pinterest.com

Tersedia berbagai pilihan pelapis anti bocor yang ada di pasaran, tapi yang paling sering digunakan adalah cat pelapis anti bocor. Ini merupakan produk yang dapat digunakan buat mengatasi kebocoran dan menetes. Supaya bisa menghindari terjadinya rembes, pilihlah cat pelapis anti bocor yang memiliki kualitas terbaik dan sesuai dengan jenis pada atap rumah kamu agar bisa diaplikasikan dengan optimal. Kamu bisa memilih produk Aquaproof untuk melapisi dinding dan atap yang mudah bocor. Harga Aquaproof kisaran Rp 165.000, kamu bisa membelinya di toko material terdekat atau di online shop

5. Perbaiki Talang dan Pipa Air
Sumber: pinterest.com

Jika bagian atap rumah tidak ada kerusakan, maka kamu perlu memeriksa kondisi talang air dan pipa air di rumah. Kalau terdapat kebocoran, segera lakukan perbaikan sebelum kebocorannya semakin parah. Cari tahu dulu penyebab kerusakaan yang terjadi pada pipa dan talang air. Pipa air yang bocor bisa disebabkan karena sambungannya yang lepas, keretakan, atau perekat lem yang tidak kuat. Bila kerusakannya terlalu parah, lebih baik ganti talang atau pipa yang baru.

Kini, kamu gak perlu khawatir lagi rumah bocor saat hujan tiba dengan melakukan tips-tips yang sudah kita simak tadi. Rumah yang bebas bocor tentunya akan memberikan kenyamanan yang lebih meski hujan deras melanda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua, ya.

0 komentar:

Posting Komentar