Get me outta here!

Senin, 28 September 2020

Tenyata Sekarang Warga Bisa Dapatkan Layanan Vaksin Dirumah


Vaksin Jakarta - Pagebluk Covid-19 masih terus berlanjut bukan hanya di Indonesia bahkan hampir di seluruh belahan dunia, maka dari itu ada baiknya untuk mengurangi  kunjungan ke Rumah Sakit, apalagi untuk anak – anak yang system imun atau kekebalan tubuhnya masih kurang.

Bagi orang tua terutama di wilayah Ibukota Jakarta yang penyebaran Covid-19 yang sedang tinggi-tingginya pasti merasa kebingungan dan kekhawatiran saat ingin memberikan vaksin atau imunisasi untuk anaknya.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan vaksin terbuat dari bibit penyakit (virus/bakteri) yang telah dilemahkan dan tidak menimbulkan penyakit. Terbuat dari bibit penyakit, vaksin diberikan dengan tujuan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memunculkan antibodi terhadap penyakit tersebut. Vaksin seringkali diberikan melalui suntikan.

Pemberian vaksin yang tepat membentuk sekaligus meningkatkan antibodi tubuh seseorang. Sebagai investasi kesehatan, kondisi ini membuat tubuh Anda tidak cepat terjangkit penyakit. Bisa dibayangkan antibodi lemah hanya akan membuat tubuh Anda mudah terkena penyakit sehingga sakit berkepanjangan. Kerugian waktu dan finansial pun tak bisa ditolak.

Pembatasan fisik atau physical distancing adalah salah satu langkah penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Hal ini dapat dilakukan dengan cara tidak bepergian keluar rumah, kecuali untuk keperluan yang mendesak atau darurat.  Pembatasan fisik juga dilakukan dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan selalu menggunakan masker, terutama saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.

Namun, bukan berarti orang tua tidak bisa memberikan vaksin kepada anaknya, karena sekarang sudah banyak klinik yang bisa memberikan vaksin langsung dirumah. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menginstruksikan agar pelayanan imunisasi untuk anak tetap berjalan sesuai jadwal, meski saat ini Indonesia tengah dirundung wabah COVID-19 akibat virus Corona.

Wajibnya imunisasi dasar lengkap diberikan kepada anak bukan tanpa alasan. Imunisasi lewat pemberian vaksin akan membantu sistem imun anak memproduksi antibodi khusus untuk melawan beragam penyakit infeksi berbahaya yang mengancam anak-anak, seperti hepatitis B, difteri, dan polio.
Bila melewatkan imunisasi, anak dikhawatirkan menjadi rentan tertular penyakit ini dan mengalami sakit berat. Selain itu, anak-anak juga berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi yang berbahaya dan bisa menyebabkan kecacatan, bahkan kematian.

Memang sebelum melakukan vaksin terutama untuk anak, ada baiknya orang tua berkonsultasi dulu dengan dokter.  Dengan kecanggihan  teknologi Informasi sekarang ini, ternyata konsultasi dengan dokter bisa dilakukan dengan cara online melalui aplikasi Halodoc. 

HaloDoc adalah suatu trobosan yang memanfaatkan teknologi terkini yang menawarkan kemudahan dan mempersingkat wkatu untuk mengakses kesehatan pada saat pengguna membutuhkan pertolongan dokter.

MHealth Tech, perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang teknologi kesehatan, menaungi aplikasi HaloDoc setelah sebelumnya meluncurkann aplikasi bidang kesehatan yakni ApotikAntar dan produk teknologi bagi praktisi kesehatan yakni Apliaksi dokter.

HaloDoc juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna dapat berkomunikasi dengan dokter melalui beberapa pilihan yakni fitur voice, video call dan chat. Aplikasi HaloDoc juga terintergrasi dengan aplikasi ApotikAntar, platform yang menghubungkan pengguna dengan apotik resmi terdekat lengkap dengan layanan antar cepat dibawah satu jam.

Bukan hanya itu, terkoneksi pula dengan aplikas lab, dimana memudahkan pengguna untuk memsan jasa laboratory test dari laboratorium resmi yang dapat dilaksanakan dimana saja. Kehadiran HaloDoc dudukung penuh oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

0 komentar:

Posting Komentar