Get me outta here!

Jumat, 13 November 2020

Cara Menyetir yang Salah Bisa Bikin BBM Lebih Boros


Akhirnya kesempatan untuk membeli mobil impian yang sudah lama diidamkan melalui situs jual beli mobil bekas datang juga. Perasaan senang pastinya akan Anda rasakan ketika berhasil membeli sekaligus mengendarai mobil yang sudah Anda impikan sejak dulu. Hanya saja, jangan sampai rasa senang tersebut membuat Anda abai akan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa berdampak pada mobil Anda. Salah satunya adalah kebiasaan menyetir yang salah.

Sekalipun Anda sudah mahir dalam menyetir, kebiasaan berkendara yang salah ternyata bisa berdampak pada penggunaan bahan bakar. Mobil Anda akan lebih boros bahan bakar jika melakukan beberapa kebiasaan buruk ini ketika menyetir, yakni:

1. Sering berpindah jalur ketika terjebak macet
Saat terjebak macet di jalan raya, Anda pastinya sering berpindah-pindah jalur dengan tujuan untuk menghindari macet sekaligus mempercepat waktu sampai lokasi tujuan. Padahal, terlalu sering berpindah jalur malah bisa menyebabkan boros bahan bakar karena Anda harus bolak-bolik menginjak pedal rem, gas, hingga kopling.

Lebih baik Anda tetap berada di satu jalur dan menunggu sampai macet mereda agar bahan bakar Anda tidak cepat habis.

2. Tekanan angin pada ban berkurang
Sebisa mungkin hindari berkendara dengan kondisi tekanan angin pada ban kurang. Pasalnya, selain menimbulkan ketidaknyamanan berkendara, hal ini juga membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Untuk itu, selalu cek tekanan angin pada ban mobil Anda secara rutin atau sekali seminggu. Jika tekanan angin ban mobil kurang, maka isilah segera di bengkel terdekat.

3. Membawa penumpang melebihi kapasitas
Setiap mobil memiliki kapasitas bobot yang berbeda. Pastikan untuk tidak membawa penumpang melebihi kapasitas mobil tersebut. Selain berdampak pada ban mobil, membawa penumpang yang melebihi kapasitas juga bisa membuat komponen mesin mobil menjadi lebih cepat aus. Mesin yang aus tentu akan mengonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya bawalah penumpang sesuai dengan kapasitas mobil. Misalnya, jika mobil tersebut diperuntukkan untuk empat orang saja maka jangan sampai melebihi kapasitasnya.

Selain beberapa kebiasaan yang sudah dituliskan di atas, melakukan kebiasaan-kebiasaan ini juga bisa membuat mobil lebih boros dalam menggunakan bahan bakar, seperti:
  • Menginjak pedal gas dalam-dalam setelah berhenti di lampu merah.
  • Terlalu pelan maupun cepat ketika menyetir.
  • Sering melakukan perjalanan singkat.
Semoga artikelnya bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar